Wednesday 29 May 2013

Live Sicbo | Punya Cadangan Cuma 3%, RI Malah Ekspor Batu Bara Terbesar Dunia | Agen Sbobet | Ibcbet | Isin4d | 338A

Cassino Online - Indonesia tercatat sebagai negara pengekspor batu bara terbesar di dunia. Tetapi, ironisnya cadangan batu bara di Tanah Air hanya 3% dari total cadangan dunia.

Menurut Sekretaris umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Eka Wahyu Kasih, situasi cukup memprihatinkan karena negara lain yang memiliki cadangan batu bara besar memilih menyimpan cadangannya untuk masa depan. Dia khawatir cadangan batu bara nasional akan habis lebih cepat.

"Jika tak melakukan apapun, Indonesia akan kehabisan cadangan batubara dalam jangka 60 tahun ke depan," jelas Eka di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu peranan Indonesia dalam menentukan harga batu bara dunia. Sebagai negara pengekspor batu bara terbesar seharusnya Indonesia bisa ikut menentukan harga batu bara di pasar internasional.


Namun sebelum hal tersebut dilakukan seharusnya ada riset terlebih dahulu, yang menghitung jumlah biaya ekspor negara pesaing. Lalu diambil harga yang pas sehingga pesaing tidak bisa bersaing dengan Indonesia. Mekanisme harga yang tidak melibatkan Indonesia tersebut sangat merugikan pasar internasional.

Untuk mengambil peran penentu harga, lanjut Eka, seharusnya Indonesia menurunkan ekspor 20% sehingga harga akan ikut naik 20% akibat berkurangnya pasokan. Dengan begitu total pendapatan negara yang diraih bisa tetap sama, tetapi volume batu bara yang diekspor sedikit.

" Ini bisa membuat kesinambungan batubara Indonesia semakin panjang," ucapnya.

By : Bandar Judi Bola

No comments:

Post a Comment